Senangnya Merencanakan Perjalanan Wisata

Hari demi hari kita lewati, menempuh waktu menjadi sangat menyenangkan jika ada yang dinanti – nantikan akan segera terjadi. Berbagai persiapan sudah dipikirkan dengan matang, dari mulai yang paling esensial sampai hal hal yang paling kecil. Begitulah perasaannya jika kita saya hendak akan melakukan perjalanan wisata.

Tentu kita tidak mau mengalami hal hal yang tidak menyenangkan akibat kurangnya perencanaan atau ketidak tahuan kita memilih tempat wisata. Jika kita mengalami hal hal tersebut, tentunya kita tidak akan menikmati dan timbul rasa menyesal, sering sekali kita mengerenyitkan dahi karena ini. Untuk menghindari hal hal tersebut, saya ingin membagi bagaimana cara melakukan perencanaan saat akan melakukan perjalanan wisata.

Berikut saran dari saya selaku penulis:

Inisiasi

Menurut saya tahap ini sangat penting, karena pada tahap ini kita akan tahu bagaimana minat kita untuk mengunjungi suatu tempat.

Kita harus tahu tempat seperti apa yang ingin kita kunjungi, kalau saya sendiri akan memilih tempat yang jarang kita temui di tempat tinggal yang kita sekarang. Contoh jika saya tinggal di Bali dan hendak akan berkunjung ke Bandung, saya akan memilih mengunjungi kebun teh, karena kita tidak akan menumakannya di tempat tinggal saya.

Sesudah kita mengetahui tempat apa yang ingin kita kunjungi, selanjutnya mencari informasi sebanyak – sebanyaknya. Saya sendiri akan mencari tahu tentang:

  1. Bagaimana cara menempuh tempat tersebut. Apakah menggunakan perahu, pesawat, ojek, becak atau transportasi lainnya agar bisa mengunjunginya.
  2. Berapa lama kira – kira kita bisa mengunjungi tempat yang kita tuju, jangan sampai akan memakan waktu lama dan akan menghabiskan waktu libur kita hanya di perjalanan saja tanpa menikmati inti dari wisatanya.
  3. Makanan khas. Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu tempat tanpa mencicipi makanan khasnya, sebaiknya cari tahu makanan apa yang wajib kita coba.
  4. Mengajak teman travelling tidak ada salahnya, jika kalian memang nyaman untuk melakukan perjalanan dengan teman, maka lakukanlah. Ini sangat dianjurkan khususnya untuk traveller wanita, karena selain lebih aman dan dapat saling menjaga satu sama lain dalam melakukan perjalanan, dengan teman akan sangat menyenangkan dibandingkan sendirian.

Gambar 1-080917

Sumber photo: pixabay.com

Pengaturan Program Kunjungan

Setelah kita mengetahui tempat apa saja yang akan dikunjungi, tahap selanjutnya adalah mengatur program perjalanan wisata. Mengatur yang dimaksud adalah tempat mana yang sekiranya didahulukan untuk dikunjungi sehingga kita dapat melakukan perjalanan yang efisien dan efektif.

Gambar 2-080917

Sumber photo: pixabay.com

Terdapat beberapa langkah untuk melakukan pengaturan program kunjungan tempat wisata menurut saya, yaitu:

  1. Berapa jarak dari tempat keberangkatan menuju ke tempat wisata yang akan dikunjungi, selanjutnya bandingkan dengan tempat wisata lainnya yang mana akan dikunjungi juga di hari yang sama. Tempat wisata yang paling dekat dengan tempat keberangkatanlah yang akan dijadikan tempat yang paling pertama dikunjungi.
  2. Untuk memilih tempat wisata kedua atau selanjutnya, tetap mengacu kepada point di atas.
  3. Pilih tempat – tempat wisata yang berada di satu jalur dari tempat keberangkatan. Semisal jika kalian mengunjungi pantai di daerah utara, maka sangat disarankan untuk memilih tempat wisata selanjutnya di daerah yang beredekatan di daerah utara juga, begitupun daerah lainnya.
  4. Selanjutnya, untuk tempat – tempat wisata lainnya yang akan dikunjungi di daerah yang berbeda, akan lebih baik dikunjungi di hari berikutnya. Semisal jika hari pertama kalian mengunjungi pantai – pantai di daerah utara, selanjutnya di hari kedua kalian mengunjungi penggunungan di daerah selatan.

Hal hal di atas memang tidak sepenuhnya benar, ini tergantung dari jarak seberapa jauh tempat wisata yang ingin dikunjungi. Akan tetapi, langkah – langkah di atas akan membantu anda menghindari kalian mengunjungi jalur yang sama di hari yang berbeda yang mana akan sangat tidak efektif jika dilakukan.

 

Cari tahu budget

Jangan sampai kita membabi buta hanya karena kita tidak tahu berapa dana yang harus dikeluarkan. Nah, hal ini yang akan menjadikan kita boros, menurut saya : besar atau kecilnya dana yang dikeluarkan itu relative, kenapa? Karena jika memang kita harus menggunakan dana lebih daripada yang kita hitungkan demi untuk kenyamanan atau kesamalatan khususnya, maka sah – sah saja dilakukan. Yang penting kita menggunakan dana untuk perjalanan wisata dengan bijak dan tidak memaksakan, menghemat memang perlu, tapi utamakan kenyamanan perjalanan kalian juga.

Gambar 3-080917

Sumber photo: pixabay.com

Hitung biaya dari yang paling kecil, sekecil apapun harus tetap terhitung, setelah terhitung biasanya kita tahu biaya mana saja yang memang tidak harus disediakan. Semisal jika kalian pergi ke gunung, kalian menghitung pembelian kaca mata renang, kemungkinan besar tidak diperlukan, kecuali memang kalian akan berenang di kolam renang di daerah pegunungan (intinya tetep maksa, hehe).

Tip: hanya ingin berbagi saja, saya pernah melakukan perjalanan bersama dengan kekasih saya dan melakukan penghitungan biaya perjalanan bersama. Setelah terhitung biaya masing – masing orang yang harus dikeluarkan, barulah kita kumpulkan menjadi satu dan kita tidak mengambil uang di luar dari biaya yang sudah ditentukan (kecuali memang diperlukan).

Pada saat pelaksanaan, biaya makan, transportasi dan yang lainnya akan terbagi adil dengan sendirinya, karena setiap kali kita mengeluarkan uang, kita menghitung total biaya untuk dua orang (atau jika kalian melakukan beramai – ramai, hitunglah sesuai dengan total pesertanya, jangan sampai ada orang yang tidak terhitungkan, kecuali jika kalian ingin membuang salah satu teman kalian).

Memang tidak perlu ditiru, tapi menurut saya di sini kita bisa belajar bagaimana cara membagi budget dengan adil. Walaupun seharusnya sebagai lelaki, saya yang meng-cover seluruh biaya. Tapi berhubung si kekasih memang baik hati, saya terima usulan di atas yang sebenarnya adalah usulan dia (entah saya yang pelit atau bagaimana, yang jelas dia memang pengertian tentang dompet saya hehe).

Bersenang – senang lah

Yang terakhir adalah bergembiralah, karena perjalanan ini adalah untuk bersenang – senang dan me-refresh pikiran kita dari realitas yang ada, maka pilihlah perasaan bahagia. Masalah memang sering terjadi karena kita hanya bisa merencakan, akan tetapi jangan jadikan masalah hambatan untuk berbahagia di perjalanan yang akan kalian lakukan.

Gambar 4-080917

Happy weekend !!!

Sehat selalu dan banyak rezeki, amin.

Baca artikel saya lainnya di sini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s