Xampp – Apache Busy : tidak bisa dijalankan, ini solusinya!

Jika kalian seorang programmer atau sedang belajar tentang web programming, tentu tidak asing dengan aplikasi yang bernama XAMPP. Aplikasi ini adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program seperti Apache, MySQL, dan PHPMyAdmin. Dengan Xampp kalian akan dimudahkan tanpa melakukan instalasi satu persatu dan otomatis tentunya.

Namun apa jadinya jika salah satu paket program tersebut tidak jalan, tentunya kita tidak bisa mengakses localhost di browser kita. Saya sendiri pernah mengelaminya, “error pada Apache”. Sempat bingung dan mencoba meng-install ulang xampp tersebut dan ternyata, hasilnya tetap nihil.

Gambar 1

Setelah saya coba cara lainnya, sekarang bisa berjalan dengan normal. Dengan menulis artikel ini saya ingin berbagi salah satu cara bagaimana memperbaikinya:

Check Status Port 80 Pada Aplikasi Skype

Xampp sudah diatur secara default menggunakan port 80, jika port ini sudah dipakai oleh applikasi lain sebagai incoming connection, maka tetentunya akan tidak bisa dijalankan. Biasanya applikasi Skype menggunakan port ini, bisa kita check dengan membuka menu “Tools” lalu pilih “Connection Option…”.

Gambar 2

Lalu kalian bisa klik checklist box sehingga centang tersebut tidak ada lagi, dan masukkan port sebagai “incoming connections” pada text field yang berada di atas checklist box tersebut (bebas, saya sendiri memasukkan angka 800). Setelah kita mengklik “save”, maka coba jalankan Apache di Xampp anda, jika masih belum bisa dijalankan, silahkan lanjut ke langkah di bawah.

Mengubah Port di Konfigurasi Apache

Untuk mengubah konfigurasi port pada Apache pada xampp, kalian bisa membuka folder “xampp” pada “Local Disk (C:)” kalian, pilih folder “apache” lalu buka folder “conf”. Maka kalian akan menemukan file dengan nama “httpd.conf”, selanjutnya buka dengan notepad / notepad++ kalian.

Di sekitar baris nomor 184 kalian akan menemukan tulisan “ServerName localhost:80”, lalu ubah menjadi “ServerName localhost:81” dan simpan.

Gambar 3

Setelah kalian mengubahnya, maka coba jalankan Apache pada xampp kalian. Jika cara ini masih belum bisa mengaksesnya, tetap mengkonfigurasi port dengan 81, lalu mencoba langkah di bawah.

Mengubah konfigurasi Apache di file httpd-ssl.conf

Langkah selanjutnya ialah mengubah konfigurasi Apache pada file httpd-ssl.conf dengan membuka folder xampp –> apache –> conf –> extra, maka pilih file tersebut dan meng-editnya dengan menggunakan notepad / notepad++ kalian.

Silahkan cari kalimat “Listen 443” dan mengubahnya menjadi “Listen 444” pada baris nomor 41 atau sekitarnya, lalu simpan dan tutup. Selanjutnya coba jalankan Apache pada Xampp anda.

gambar-4.png

Hal – hal di atas akan menjadi salah satu solusi dan semoga akan bermanfaat buat kalian. Tentunya ada beberapa faktor atau penyebab tidak bisa diaksesnya Apache pada xampp yang belum bisa saya jelaskan, jika ada solusi lainnya yang lebih ampuh boleh di-share juga ke saya (tidak ada imbalan apapun dari saya, kecuali hanya like saja hehe).

Sehat selalu

Baca juga artikel lainnya di sini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s