Apa itu Sistem Pengambilan Keputusan?

Sudah lebih dari 1.825 hari saya merantau jauh dari tempat lahir saya, tepatnya 5 tahun menuju 6 tahun. Tak terasa memang, sampai waktu yang telah lama saya nanti nantikan akan tiba, lulus kuliah. Akhir akhir ini saya sedang pusing tujuh keliling karena memikirkan project apa yang akan diambil untuk skripsi saya nanti.

Akhirnya saya mendapatkan ide, bagaimana jika saya membuat topik yang sesuai dengan bidang keahlian saya. Memang masih jauh dari kata ahli, setidaknya mencoba untuk menciptakan apa yang sudah saya cita – cita kan dulu sebelum saya putuskan untuk mencari nafkah di sini, tempat yang paling mengesankan, Bali. Saya putuskan, untuk merintis sistem yang akan saya implementasikan di perusahaan impian saya nanti. Sistem pengambilan keputusan, setiap orang pasti memerlukan referensi dalam penentuan keputusan. Ini alasan utamanya, mudah – mudahan bisa.

Businessman choosing the right door

Image Source – Lam Inc

Sistem Pengambilan Keputusan atau SPK, dalam istilah bahasa inggris yaitu DSS atau Decision Support System adalah bagian dari sistem informasi berbasis compute yang digunakan untuk mendukung dalam hal pengambilan keputusan pada suatu organisasi atau perusahaan, termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan). Berikut definisi menurut para beberapa para ahli:

Menurut Moore and Chang

SPK dapat digambarkan sebagai sistem yang berkemampuan mendukung analisis ad hoc data, dan pemodelan keputusan, berorientasi keputusan, orientasi perencanaan masa depan, dan digunakan pada saat-saat yang tidak biasa.

Menurut Sprague dan Carlson (Sprague et.al., 1993)

sistem yang berbasis komputer yang dipergunakan untuk membantu para pengambil keputusan dalam rangka memecahkan masalah-masalah rumit yang “mustahil” dilakukan dengan kalkulasi manual dengan cara melalui simulasi yang interaktif dimana data dan model analisis sebagai komponen utama.

Menurut Mann dan Watson

Sistem Penunjang Keputusan adalah Sistem yang interaktif, membantu pengambilan keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah-masalah yang sifatnya semi terstruktur dan tidak terstruktur.

Menurut Maryam Alavi dan H.Albert Napier

Sistem Penunjang Keputusan adalah suatu kumpulan prosedur pemprosesan data dan informasi yang berorientasi pada penggunaan model untuk menghasilkan berbagai jawaban yang dapat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan.

Menurut Litle

Sistem Penunjang Keputusan adalah suatu sistem informasi berbasis komputer yang menghasilkan berbagai alternatif keputusan untuk membantu manajemen dalam menangani berbagai permasalahan yang terstruktur atupun tidak terstruktur dengan menggunakan data dan model.

Menurut Little,J.D.C

sekumpulan prosedur berbasis model untuk data pemrosesan dan penilaian guna membantu para manager mengambil keputusan.

Menurut Raymond McLeod,

Sistem Penunjang Keputusan adalah sistem penghasil informasi spesifik yang ditujukan untuk memecahkan suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer pada berbagai tingkatan.

Menurut Bonczek, R.H, C.W. Holsapple dan A.B. Whinston

DSS sebagai sistem berbasis computer yang terdiri dari tiga komponen yang saling berinteraksi : sistem bahasa (mekanisme untuk memberikan komunikasi antara pengguna dan komponen DSS lain), sistem pengetahuan (repository pengetahuan domain masalah yang ada pada DSS entah sebagai data atau sebagai prosedur), dan sistem pemrosesan masalah (hubungan antara dua komponen lainnya, terdiri dari satu atau lebih kapabilitas manipulasi masalah umum yang diperlukan untuk pengambilan keputusan).

Menurut Keen, P.G.W.

DSS sebagai suatu produk dari proses pengembangan dimana pengguna DSS, pembangun DSS, dan DSS itu sendiri mampu mempengaruhi satu dengan yang lainnya, dan menghasilkan evolusi sistem dan pola-pola penggunaan

Definisi Secara Umum

DSS adalah Sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan baik kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah semi terstruktur.

 

Definisi Secara Khusus

DSS adalah Sebuah sistem yang mendukung kerja seorang manajer maupun sekelompok manajer dalam memecahkan masalah semi-terstruktur dengan cara memberikan informasi ataupun usulan menuju pada keputusan tertentu.

Image Source - Lynda.com.jpg

Image Source – Lynda.com

Jadi menurut saya sendiri, SPK adalah sistem yang harus dapat memiliki kemampuan menyediakan beberapa opsi guna mendukung dalam hal mengambil keputusan sehingga memperoleh hasil yang paling baik oleh user.

Sekian artikel pendek ini, mudah – mudahan bisa bermanfaat.

Sumber : https://febriansatria.wordpress.com/2012/11/07/sistem-pengambilan-keputusan/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s